Bolehkah Bayi Mungil Naik Pesawat?

Bolehkah Bayi Mungil Naik Pesawat? 1

Umur berapa bayi boleh naik pesawat? Bayi adalah makhluk Tuhan yang masih begitu sensitive. Apabila bunda tidak begitu peka terhadap kesensitifan pada bayi, maka resikonya akan bunda tanggung seumur hidup. Bagi masyarakat kota, ketika bunda dan bayinya sudah merasa sehat, mereka pastinya tidak akan betah berada di rumah. Mereka akan memilih menghirup udara di luar rumah untuk sekedar mencari hiburan agar tidak cepat bosan. Namun, jika bunda adalah wanita yang tinggal di daerah pedesaan, maka mau tidak mau, bunda harus berada dalam rumah selama 40 hari lamanya.

Tidak usah memperdebatkan adat yang sudah ada karena apapun adat wanita setelah melahirkan, itu tergantung kepercayaan yang menjalaninya. Mungkin, alasan wanita harus tinggal di rumah selama 40 hari setelah melahirkan adalah untuk memulihkan kesehatannya sehabis melahirkan. Tetapi bunda juga tidak boleh menyalahkan wanita perkotaan yang menghabiskan waktunya untuk jalan-jalan, padahal ia baru saja melahirkan seorang baby. Apapun alasannya, wanita pastinya ingin yang terbaik bagi dirinya dan bayinya.

Izin Bayi Naik Pesawat

Tidak akan menjadi masalah yang besar mungkin saat bunda hanya ingin mengajak si kecil jalan-jalan untuk menghirup udara segar. Palingan, bunda hanya akan mengajaknya jalan-jalan keliling kompleks atau paling jauh di taman kota dekat rumah. Lalu, apa jadinya saat bunda ternyata mempunyai rencana untuk membawa sang buah hati naik pesawat? Apakah hal itu tidak akan membahayakan si kecil? Bukankah si kecil masih terlalu sensitive dengan suara yang ada dalam pesawat? Dan muncullah pertanyaan dalam benak para bunda yang berniat untuk membawa buah hatinya jalan-jalan naik pesawat, pada umur berapa bayi boleh naik pesawat?

Bunda yang menginginkan bayi tetap sehat, bunda jangan langsung memutuskan sendiri soal mengajak bayi pergi naik pesawat karena keputusan bunda akan menentukan sehat atau tidaknya si kecil nantinya. Saat bunda memang harus pergi dan hal itu sudah tidak dapat ditunda lagi, maka bunda bisa menanyakan pada pihak penyedia pesawat. Biasanya, pihak maskapai akan memiliki aturan tersendiri bagi para penumpangnya, terutama jika penumpangnya adalah bayi yang masih begitu mungil. Bunda pun harus bertanya langsung pada pihak maskapai yang ingin bunda gunakan jasanya karena setiap maskapai memiliki kebijakan masing-masing soal penumpang mininya.

Umur Bayi Saat Boleh Naik Pesawat

Hampir semua maskapai memiliki peraturan yang mengatur tentang umur penumpang, termasuk penumpang yang masih bayi. Beberapa maskapai tidak mengizinkan bunda membawa bayinya naik pesawat ketika bayi baru saja lahir. Bunda pastinya tahu bahwa bayi yang baru lahir masih sangat peka dan harus beradaptasi dengan lingkungannya. Saat bunda membawa si kecil naik pesawat, organ pendengaran si kecil bisa terganggu karena suara yang ditimbulkan oleh pesawat. Maka dari itu, saat bunda benar-benar ingin mengajak si kecil naik pesawat, usia si kecil paling tidak sudah ada 2 minggu sampai 6 minggu. Pada usia tersebut bayi dikatakan sudah lebih aman untuk naik pesawat.

Tips Bayi Naik Pesawat

Sebenarnya jika tidak dalam keadaan darurat atau mendesak, alangkah baiknya bunda tidak mengajak bayi naik pesawat. Meskipun diperbolehkan, tetapi naik pesawat bukanlah hal yang bisa dilalui si kecil dengan mudah karena pada saat naik pesawat si kecil akan bertemu dengan resiko terkena penyakit atau bisa mengalami gangguan pada pendengarnya. Bagi bunda yang ingin mengajak bayinya masih begitu mungil, tips yang mesti bunda lakukan adalah membawakan si kecil penutup telinga saat mengajaknya naik pesawat. Tetapi, jika bunda merasa penutup telinga kurang nyaman bagi si kecil, bunda dapat menyusuinya pada saat take off dan landing pesawat. Menyusui dipercaya dapat mengurangi getaran suara yang diterima oleh bayi sehingga pendengarannya tidak akan terganggu. Untuk informasi lengkapnya tentang umur berapa bayi boleh naik pesawat, para pembaca dapat mengunjungi alamat https://babyologist.com/blog/umurberapabayibolehnaikpesawat-n816

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *