Bunda Pintar, Inilah Penyebab dan Tips Atasi Telapak Tangan Berkeringat pada Anak

Bunda Pintar, Inilah Penyebab dan Tips Atasi Telapak Tangan Berkeringat pada Anak 1

Keringat adalah salah satu hasil metabolism tubuh yang biasanya keluar ketika melakukan aktivitas yang pada atau pada saat cuaca sedang panas. Keringat bisa dihasilkan oleh siapa saja, termasuk bayi yang baru lahir sekalipun. Adanya keringat pada bayi terkadang masih dianggap tabu oleh para bunda sehingga ketika bunda mendapati buah hatinya terus-terusan berkeringat, bunda akan langsung membawanya ke dokter karena saking khawatirnya dengan kesehatan si buah hati.

 

Penyebab Telapak Tangan Berkeringat Pada Anak

Bunda yang memiliki bayi mungil, ada baiknya bunda mengetahui penyebab keringat pada si kecil. Adanya keringat pada si kecil bisa disebabkan oleh cuaca yang panas. Misal, ketika bunda tinggal di daerah yang panas, seperti Jakarta. Pastinya, bunda akan sering menjumpai si kecil yang terus-terusan mengeluarkan keringat, terutama pada siang hari. Jika hal itu terjadi, bunda tidak usah bingung karena keringat yang dihasilkan oleh si kecil menunjukkan bahwa metabolism dalam tubuhnya sudah berjalan dengan baik.

Penyebab telapak tangan berkeringat pada anak dapat juga terjadi karena proses yang ada dalam tubuhnya, yaitu proses metabolism. Para bunda tentunya sering melihat si kecil yang tidur dengan nyenyaknya. Dalam tidurnya terkadang si kecil terus mengeluarkan keringat. Bunda pun heran mengapa keringatnya muncul padahal si kecil sedang tertidur pulas. Keringat yang muncul pada saat tidur menandakan bahwa metabolism pada tubuh anak sedang bekerja. Dengan adanya metabolism tersebut, maka tubuh dapat menghasilkan protein yang mana nantinya akan berguna untuk mendukung aktivitas si kecil.

Mungkin dari sekian penyebab, penyebab keringat pada bayi inilah yang sering ditakutkan oleh para bunda. Meskipun tidak semua keringat adalah tanda dari sebuah penyakit, tetapi bunda agaknya perlu mewaspadainya. Keringat yang dapat dikatakan berbahaya untuk si buah hati manakala keringat tersebut membuat bayi rewel terus-terusan. Bukan rewel karena cuaca yang panas, melainkan rewel karena produksi keringat pada tubuhnya membuatnya terganggu pola makannya bahkan si kecil juga tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasa. Makanya, jika keringat yang muncul membuat bayi tak bersemangat, ada baiknya bunda segera memeriksakannya ke dokter.

 

Cara Mengatasi Telapak Tangan Berkeringat pada Anak

Cara mengatasi telapak tangan yang berkeringat tentu saja harus disesuaikan dengan penyebabnya. Jika penyebab si buah hati berkeringat karena cuaca yang panas, bunda dapat menyiasati keringat tersebut dengan memakaikannya pakaian bayi yang mudah menyerap keringat. Bunda juga tidak perlu memakainkan kaos tangan pada si kecil agar nantinya keringat tidak sering terlihat pada telapak tangannya.

Namun, jika keringat yang muncul pada telapak tangan disebabkan oleh indikasi adanya penyakit yang mana sampai membuat anak kecil murung atau terus-terusan menangis. Bahkan, keringat berlebih yang menandakan adanya suatu yang tidak beres pada tubuhnya juga akan berpengaruh pada nafsu makannya dan semangatnya dalam melakukan aktivitas. Saat hal itu terjadi, ada baiknya bunda segera membawa si kecil ke dokter. Nantinya dokter yang akan mendiagnosa dan memberikan obat pada si kecil agar si kecil tidak terganggu dengan keringat yang terus merembes pada telapak tangannya. Tetapi, apabila si kecil masih dalam usia hitungan bulan, mintalah obat yang aman untuk dikonsumsinya yang tidak menimbulkan efek samping bagi si kecil. Jangan selepekan keringat pada tangan karena bisa membahayakan kesehatan si kecil. Bagi bunda yang ingin mengetahui informasi selengkapnya tentang telapak tangan berkeringat pada anak, bisa membuka link berikut https://babyologist.com/blog/waspadai-keringat-pada-telapak-tangan-dan-kaki-bayi-n1644.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *