Bunda, Bahayakah Menyusui Sambil Tidur?

Bunda, Bahayakah Menyusui Sambil Tidur? 1

Menyusui sambil tidur adalah salah satu kebiasan para ibu ketika memberikan ASI pada buah hatinya. Para bunda merasa bahwa posisi tidur akan membuat bunda dan bayi lebih rileks. Terkadang saking rileksnya posisi tersebut, bunda dan bayi akan tertidur pulas. Namun, apakah kebiasaan menyusui sambil tidur itu baik menurut kesehatan? Bagi bunda yang ingin memberikan sesuatu yang terbaik untuk si buah hati, tak ada salahnya bunda mengetahui kebenaran tentang menyusui bayi dalam keadaan tidur. Informasi selengkapnya berikut ini.

 

Bahaya Menyusui Sambil Tidur

Kebanyakan bumil mengambil posisi tidur saat menyusui karena bumil merasa nyaman dengan posisi seperti itu. Belum lagi kurangnya bumil dalam beristirahat membuat posisi tidur adalah posisi terbaik untuk sejenak melepas kepenatan setelah berjam-jam mengasuh si buah hati. Tetapi, menurut para ahli kesehatan, menyusui sambil tiduran dirasa kurang baik untuk kesehatan bayi. Bahkan, ada juga yang mengatakan bahwa menyusui dalam posisi tersebut, jika tidak benar malah akan mendatangkan bahaya bagi si kecil. Inilah beberapa bahaya yang mengintai si kecil saat bunda memberinya susu sambil tidur.

  1. Membuat Bayi Tersedak

Ketika bunda mengambil posisi tidur, secara otomatis posisi bunda akan miring atau malah seperti di atas si kecil. Memang, posisi tersebut membuat aliran ASI yang diberikan banyak. Tetapi lama kelamaan, posisi itu malah dapat membuat aliran ASI yang masuk dalam mulut bayi semakin banyak. Saat bayi tidak dapat menampungnya, maka kemungkinan besar bayi akan tersedak. Padahal, jika tersedak bayi bisa saja langsung muntah. Bahkan yang lebih bahayanya lagi, saat bayi tersedak air susunya akan masuk pada paru parunya dan itulah yang ditakutkan terjadi saat bunda menyusui si kecil sambil tidur.

  1. Menyebabkan Iritasi

Mungkin bunda sering melihat bayi seperti bruntusan pada daerah sekitar pipi dan telinganya. Bruntusan atau bentolan kecil berwarna putih pada bayi tersebut biasanya disebabkan oleh cipratan ASI yang diminumnya. Tentu saja, ASI yang mengenai telinga atau kulit bayi akan menimbulkan iritasi dan membuat bayi terus-terusan rewel. Iritasi bisa terjadi saat bunda menyusui sambil tidur. Pada saat posisi tidur, aliran ASI mengucur deras pada mulut si bayi. Saking derasnya ASI akan mengenai telinga dan kulitnya sehingga menimbulkan iritasi pada si kecil.

  1. Membuat Bayi Sulit Bernapas

Tidak dapat dipungkiri memang posisi tidur adalah posisi yang menyenangkan ketika bunda menyusui bayi. Tetapi, jangan sampai bunda lengah, karena posisi tidur adalah posisi yang nyaman yang bisa sewaktu waktu membuat bunda tertidur. Pada saat tertidur bisa saja tubuh bunda atau payudara bunda menindih wajah si kecil sehingga si kecil susah bernapas. Jika hal tersebut terjadi dalam waktu yang lama, maka malah akan membuat si kecil dalam bahaya. Tidak hanya itu, dalam posisi tidur, ASI yang lancar dan terlalu banyak diproduksi membuat si kecil meminumnya terburu-buru sehingga ia pun akan kesulitan saat bernapas dan akhirnya malah bisa tersedak.

 

Tips Menyusui Sambil Tidur

Bagi bunda yang melahirkan dengan cara normal, biasakanlah untuk menyusui si kecil dengan posisi duduk karena posisi tersebut tidak akan membahayakannya. Tetapi, jika suatu saat bunda diharuskan menyusui dalam posisi tidur, khususnya bagi bunda yang melahirkan secara sesar dan masih sulit untuk duduk, tips untuk bunda ketika menyusui adalah gunakan bantal kecil untuk mengganjar si baby. Bantal tersebut berguna agar posisi payudara dengan baby sejajar. Bunda pun tidak boleh lengah ketika menyusui karena kelengahan bunda dapat mengakibatkan sesuatu hal yang fatal bisa saja terjadi. Simak informasi selengkapnya tentang menyusui sambil tidur di link https://babyologist.com/blog/bahayakah-menyusui-sambil-tiduran-n3179

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *