Cara Melakukan Induksi Alami Untuk Mempercepat Persalinan

Cara Melakukan Induksi Alami Untuk Mempercepat Persalinan 1

Setelah menunggu 9 bulan lamanya, kini waktunya buah hati lahir ke dunia. Semua ibu hamil pasti ingin proses persalinan yang lancar tanpa hambatan apapun. Namun terkadang ada beberapa masalah yang terjadi. Untuk mempercepat dan melancarkan persalinan, anda bisa melakukan induksi sendiri. Induksi ini akan membuat proses persalinan lancar dan lebih cepat. Berikut ini beberapa induksi alami yang bisa membantu mempercepat persalinan.

Melakukan Hubungan Seks

Berhubungan seks di trimester ketiga atau menjelang melahirkan sangat disarankan. Karena bisa dijadikan induksi yang alami. Sperma yang dikeluarkan suami mengandung prostaglandin, yang mampu menstimulasi kontraksi. Hormon ini memang sering digunakan untuk induksi medis. Banyak orang yang melakukan hal ini dan terbukti efektif.

Sebelumnya lakukan endorphin massage. Mintalah suami untuk memberikan sentuhan ringan di beberapa bagian tubuh ibu. Seperti dada, perut, kltioris atau putting payudara. Hal ini bisa membuat gairah meningkat. Induksi secara alami ini akan membantu leher rahim melakukan dan mengalami penipisan. Endorfin yang keluar, juga bisa membantu ibu lebih tahan terhadap rasa nyeri dan sakit saat melahirkan. Jangan lakukan hubungan seks jika dilarang dokter atau ketuban pecah.

Menstimulasi Putting Payudara

Menstimulasi putting payudara juga bisa membantu induksi alami. Hal ini bisa memicu keluarnya hormon oksitosin. Ibu hamil bisa menstimulasinya dengan menggunakan pompa asi atau tangan. Hormon ini akan merangsang otak dan membuat rahim terkontraksi. Jika sudah mulai terangsang, diamkan selama 2-4 menit. Kemudian stimulasi lagi dan lakukan secara teratur.

Anda juga bisa memijat bagian gelap di putting atau areola. Letakkan telapak tangan di bagian areola, kemudian lakukan gerakan melingkar dan sedikit beri tekanan lembut. Namun janga lakukan stimulasi terlalu sering, jika selama 20 menit tidak terjadi kontraksi. Lebih baik untuk dihentikan dan lakukan stimulasi di kemudian hari. Anda juga bisa mengajak pasangan untuk melakukan hal ini.

Konsumsi Buah Kurma

Buah kurma memiliki manfaat banyak sekali. Tidak hanya untuk ibu yang sedang melakukan program hamil. Namun juga untuk ibu hamil yang akan melahirkan. Buah kurma mengandung tembaga, magnesium dan mangan, yang ampuh untuk induksi secara alami menurut sebuah penelitian, ibu hamil yang sering konsumsi kurma mendekati hari kelahiran bisa membuat proses persalinan normal atau lancar.

Buah kurma juga menghasilkan hormon oksitosi, yang bisa merangsang kontraksi rahim dan membuka jalan lahir. Selain itu ibu hamil yang rutin konsumsi kurma, akan membuat pembukaan lebih progresif. Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk konsumsi buah kurma secara rutin. Buah kurma juga baik untuk pertumbuhan janin di dalam kandungan.

Olahraga Ringan

Jangan lupa untuk melakukan olahraga ringan menjelang persalinan. Anda bisa berjalan kaki, jongging santai, naik turun tangga, jongkok berdiri, senam, yoga dan lainnya. Tidak perlu lakukan olahraga yang membahayakan, karena bisa mengganggu janin. Olahraga bisa menaikkan detak jantung dan membuat tubuh lebih kuat menghadapi proses persalinan.

Berjalan kaki secara rutin juga bisa membantu mengurangi stres, mengurangi nyeri punggung, mengatasi kaki bengkak, dan lainnya. Olahraga ringan juga bisa membantu membuat posisi bayi tetap berada di jalannya. Namun ingat jangan sampai kelelahan dan memaksakan diri karena akan membahayakan janin dan ibu.

Ada banyak cara untuk melakukan induksi alami. Sehingga proses melahirkan bisa lancar dan normal. Keterangan lebih lanjut bisa cek di artikel https://babyologist.com/blog/ingin-mempercepat-persalinan-lakukan-induksi-alami-n9100

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *