Cara Mengatasi Cradle Crap Pada Bayi

Cara Mengatasi Cradle Crap Pada Bayi 1

Ketika buah hati kita mengalami masalah, pasti kita akan langsung khawatir dan bingung. Tubuh yang masih rentan membuat bayi mudah terkena penyakit. Salah satunya adalah muncul kerak di kulit kepala. Gangguan kulit ini seperti borok atau kulit yang kering. Tidak hanya muncul di kepala, namun juga sering muncul di telinga, wajah, lipatan kulit dan leher. Gangguan ini tidak membahayakan namun bisa membuat kondisi kulit semakin buruk. Berikut ini beberapa cara mengatasi cradle crap atau kerak pada kulit bayi.

Sebelumnya kita akan membahas tentang penyebab penyakit ini. Biasanya gangguan kulit ini dialami oleh bayi yang baru lahir. Bagian kulit kepala akan terlihat rumah bersisik seperti ketombe. Jika dirawat dengan benar, kondisi ini akan hilang dengan sendirinya. Tidak perlu obat khusus yang sulit didapatkan. Namun bila tidak diatasi dengan baik, bisa bertahan hingga berbulan-bulan.Tidak diketahui dengan pasti penyebabnya. Namun bisa dikarenakan tingginya hormon yang diterima bayi oleh ibunya. Bukan masalah yang besar dan berbahaya

Jaga Kelembaban Kulit Kepala

Selalu jaga kelembaban kulit kepala bayi. Hindari dari air dan keringat yang berlebih. Karena bisa membuat gangguan ini tidak cepat kering dan lepas sendiri. Kulit kepala yang terlalu lembab, akan membuat rasa gatal di kepala. Tentunya ini tidak nyaman bagi bayi. Jika kulit bayi terlalu basah, bisa dikeringkan dengan tisu atau lap kering.

Gunakan Air Hangat

Untuk melunakan borok yang keras dan menempel di kulit kepala, bisa dengan menggunakan air hangat. Teteskan air hangat sedikit demi sedikit dengan lap. Ini akan membantu borok cepat lunak dan dibersihkan. Setelah dilakukan perawatan ini, kulit kepala harus langsung dikeringkan. Lakukan secara rutin setiap harinya, sampai gangguan kulit kering di kepala hilang.

Bayi Oil

Selain menggunakan air hangat, anda juga bisa menggunakan baby oil. Balurkan baby oil di seluruh bagian kulit kepala yang terkena candle cap. Diamkan beberapa menit, kemudian bersihkan dengan menggunakan kapas lembut atau tangan. Anda juga bisa menambahkan sedikit pemijatan di kepala supaya melancarkan aliran darah. Setelah itu langsung bersihkan sampai kering.

Potong Rambut

Jika bayi anda memiliki rambut yang lebat, lebih baik dipotong terlebih dahulu. Memotong rambut akan membuat perawatan kulit kepala lebih mudah. Selain itu luka akan lebih cepat kering dan tidak mengotori rambut kepala. Jika masih ada rambut, akan membuat proses perawatan tidak maksimal.

Gunakan Washlap atau Sikat Lembut

Jika tidak memotong rambut, anda bisa membersihkan kerak yang kering dengan washlap atau sikat lembut. Setelah dilunakan dengan air hangat atau baby oil, kemudian angkat kotoran dengan sikat lembut. Usap dari depan ke belakang secara rutin sampai semua kotoran hilang dan bersih. Lakukan secara perlahan, supaya tidak melukai kulit kepala bayi.

Cuci Bersih

Setelah dibersihkan, cuci bersih kulit kepala dengan menggunakan air hangat dan baby shampoo. Cuci sampai bersih kemudian keringkan. Jangan biarkan kulit kepala lembab, karena akan membuat kondisi penyakit semakin parah.

Jika sudah terlihat gejalanya, segera lakukan perawatan secara rutin. Bersihkan setiap hari dan keringkan, ini akan membuat cradle cap cepat kering dan hilang. Jangan gunakan sisir yang kasar karena bisa membuat kulit kepala lecet. Selain itu jangan dihilangkan secara paksa. Namun harus dilunakan secara perlahan.informasi lebih lanjut bisa cek di artikel https://babyologist.com/blog/cradle-cap-pada-bayi-n6183.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *