Tips Membuat ASI Berhenti Paling Mudah dan Murah Meriah

Tips Membuat ASI Berhenti Paling Mudah dan Murah Meriah 1

Cara menghentikan ASI biasanya akan berguna bagi para bunda yang sudah menyusui si baby selama 2 tahun. Pemberian ASI pada bayi memang dianjurkan sampai waktu dua tahun karena hal tersebut akan berpengaruh pada perkembangan, pertumbuhan dan kecerdasannya. Akan tetapi, sebagian bunda masih merasa khawatir jika si baby menangis saat tidak diberi ASI atau mungkin bunda belum menemukan cara yang pas untuk dapat menghentikannya. Jika bunda belum juga menemukan cara yang tepat untuk menghentikan produksi ASI, bunda bisa menyimak informasi berikut ini.

 

Cara Menghentikan ASI paling Mudah

  1. Menghindari Memompa ASI

Ketika ASI tidak dikeluarkan atau tidak diminum, memang awalnya payudara seperti nyeri. Nyeri itu akan berlangsung lama sampai akhirnya hilang setelah diminum oleh si kecil. Atau, jika memang tidak diminum biasa bunda akan berusaha mengeluarkan ASI dengan cara memompanya. Pada saat bunda sudah ingin menghentikan ASI, ada baiknya bunda menghindari pompa karena hal tersebut tidak akan menghentikan produksi susu. Alangkah baiknya, meski terasa nyeri pada awalnya, bunda mencoba mendiamkannya. Biasanya, setelah didiamkan, kelenjar susu akan mengurangi produksinya dan lama-kelamaan akan berhenti.

  1. Berhenti untuk Menyusui Secara Bertahap

Terkadang hanya karena kasihan pada si bayi, bunda akhirnya masih saja menyusui si bayi sampai usianya lebih dari 2 tahun. Jika bunda ingin si kecil tidak tergantung pada ASI lagi, cobalah alihkan perhatiannya pada aktivitas lain. Atau, jika memang si kecil merasa haus, ajarkanlah pada si kecil untuk meminum air susu menggunakan gelas. Meski awalnya mungkin susah, tetapi lama kelamaan jika bunda terus membujuknya si kecil akan mau minum dengan gelas. Dan produksi ASI pada bunda pun lama kelamaan menjadi berkurang karena tidak lagi diminum oleh si kecil. Tidak perlu memaksakan, bunda hanya harus melakukannya secara bertahap agar si kecil mulai terbiasa untuk tidak menyusu dari ASI bundanya.

 

Cara Menghentikan ASI dengan Bahan Alami

  1. Daun Kubis

Kubis adalah salah satu sayuran favorit para bunda karena kobis bisa diolah menjadi berbagai macam menu masakan. Tetapi kali ini kobis bisa bunda gunakan untuk cara menghentikan ASI secara alami. Saat bunda ingin mencoba menghentikan ASI dengan menggunakan kobis, bunda tidak diminta untuk mengkonsumsi kobis. Kobis digunakan bunda untuk menutupi kedua payudara. Caranya, bunda bisa meletakkan kubis pada kedua payudara selama 1 atau 2 hari. Saat kobis sudah layu, maka bunda bisa menggantinya dengan yang baru. Nantinya, saat bunda rutin melakukan perawatan tersebut, kubis bisa menghentikan ASI yang keluar dari payudara bunda.

  1. Teh Sage

Teh sage adalah salah satu bahan alami yang dipercaya dapat menghentikan produksi ASI. Tidak seperti saat bunda menggunakan kobis, teh sage ini wajib bunda minum saat bunda ingin menyapih si buah hati. Sama seperti ketika bunda membuat minuman teh, bunda bisa menyeduh teh sage dengan air hangat. Supaya teh meresap pada air hangat, bunda bisa menunggunya kurang lebih 15 menit sebelum bunda bisa meminumnya. Apabila bunda tidak suka teh pahit, bunda bisa menambahkan gula atau pemanis lain pada teh sage. Lakukan secara rutin sampai ASI benar-benar mampet.

  1. Brotowali

Mungkin ada sebagian bunda yang masih asing dengan nama brotowali. Brotowali ini sering digunakan masyarakat Jawa ketika menyapih si kecil yang sudah berusia 2 tahun. Brotowali ini adalah sejenis rempah atau jamu yang memiliki rasa yang begitu pahit. Bunda yang ingin mencoba menyapih si kecil menggunakan jamu satu ini, caranya cukup mudah. Bunda tinggal mengoleskan brotowali pada putting. Nantinya, putting yang sudah diolesi brotowali pastinya akan terasa pahit ketika si kecil menyusu. Dan rasa pahit itulah yang membuat si kecil tidak mayu lagi menyusu bunda karena rasanya tidak enak.

Setelah bunda mengetahui cara mudah untuk menghentikan ASI, bunda bisa memilih sesuai dengan cara yang bunda ingin lakukan. Untuk informasi tambahan tentang cara menghentikan ASI bisa berkunjung pada https://babyologist.com/blog/lima-tips-alami-menghentikan-asi-n3014

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *