Bunda, Ini Cara Mudah Memompa ASI dengan Pompa Manual

Bunda, Ini Cara Mudah Memompa ASI dengan Pompa Manual 1

Pompa manual adalah salah satu alat yang sering digunakan para ibu menyusui untuk memerah ASI pada payudaranya. Alasan yang paling banyak dikemukakan para bunda yaitu harga pompa manual yang lebih terjangkau dibanding pompa elektrik membuat para bunda lebih memilihnya. Meski begitu, ada beberapa bunda yang masih belum mengerti betul penggunaan pompa asi manual dengan benar. Efeknya, bukan ASI yang banyak yang bunda dapatkan, melainkan rasa nyeri pada payudara yang tidak kunjung usai setelah memerah ASI dengan pompa manual.

Sebelum bunda mengetahui cara memerah asi dengan pompa manual, bunda juga perlu tahu apa alasan para bunda memerah ASI nya? Alasan pertama adalah karena bunda ingin memberikan susu eksklusif kepada buah hatinya. Terutama, bagi bunda yang sibuk beraktivitas di luar rumah dan tidak selalu bisa dekat dengan buah hatinya, memerah ASI adalah jalan terbaik daripada bunda harus memberikan susu formula. Meski memerah ASI apalagi dengan pompa manual membutuhkan waktu lama, tetapi bagi kesehatan si buah hati, para bunda akan rela melakukannya.

Alasan yang juga tak kalah banyak dikemukakan para bunda adalah bunda ingin mengurangi nyeri pada payudaranya. Payudara akan terus memproduksi ASI selama bunda masih menyusui. Kadang kala, ada beberapa bunda yang stok ASInya sangat melimpah sehingga saat si kecil sudah tak mau lagi meminumnya, ASI pada payudaranya akan membuat sakit. Sakit datang bukan karena ada penyakit dalam payudaranya melainkan karena payudara yang kencang karena produksi ASI yang menumpuk pada payudara seharusnya sudah dikeluarkan tetapi si kecil sudah berhenti meminumnya. Dengan dikeluarkan ASI dengan pompa manual akan membuat payudara bunda terasa lebih rileks dan nyeri juga akan segera menghilang.

Memerah ASI dengan Pompa Manual

Pompa manual merupakan pompa yang sering digunakan para ibu untuk memerah ASI. Selain penggunaanya yang lebih mudah, harga pompa ASI manual juga lebih terjangkau karena hanya sekitar 20 ribuan saja. Meski dikatakan mudah dalam menggunakannya, tetapi masih ada bunda yang keliru dalam menggunakan pompa asi manual sehingga pompa malah akan melukai payudaranya. Makanya, agar bunda tetap bisa memerah ASI untuk si kecil, bunda wajib menyimak informasi tentang cara memerah ASI dengan pompa manual berikut ini.

Cara Memerah ASI Menggunakan Pompa Manual

Sebelum bunda menggunakan pompa manual untuk memerah ASI, bunda perlu memastikan terlebih dahulu bahwa pompa manual yang akan bunda gunakan dalam keadaan bersih. Cara membersihkan pompa manual sebelum digunakan adalah merebus atau mencuci pompa manual dengan air hangat sehingga bakteri pada pompa akan hilang dan ASI juga akan lebih steril.

Jika pompa sudah dalam keadaan bersih, pertama kali yang harus bunda lakukan adalah duduk dengan posisi rileks, yaitu dalam keadaan bersandar. Posisi bersandar dipercaya dapat memperlancar ASI keluar dari payudara. Letakkan corong pompa manual pada ujung payudara dan pastikan corong sudah terletak pada putting payudara. Mulailah bunda memerah ASI dengan melakukan gerakan menarik dan melepas seperti memainkan balon toet -toet. Saat ASI yang keluar hanyalah sedikit, cobalah untuk memposisikan pompa manual akan condong ke depan. Lakukan berulang-ulang selama kurang lebih 30 menit. Ketika cara penggunaan pompa benar, maka bunda tidak akan merasakan perih pada payudara. Untuk informasi lebih lanjut tentang cara memerah ASI dengan pompa manual dapat diklik pada alamat web berikut https://babyologist.com/blog/cara-memerah-asi-menggunakan-pompa-manual-n3039

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *