Manfaat Buah Naga Untuk Bayi 6 Bulan

Manfaat Buah Naga Untuk Bayi 6 Bulan 1

Bayi 6 bulan sudah bisa diberikan makanan pendamping ASI lainnya karena sudah melewati fase ASI ekslusif. Namun beberapa ibu 3 bulan atau mendekati 6 bulan sudah ada juga yang memberikan bayi mereka makanan pendamping ASI. Ada yang sudah memberikan nasi, makanan-makanan ringan seperti biskuit-biskuit bayi dan atau buah-buahan lunak. Buah-buahan terutama sangat dianjurkan untuk diberikan kepada anak bayi yang menginjak 6 bulan. Salah satu buah yang di anjurkan yaitu buah naga untuk bayi

Kenapa buah naga ?

Buah naga mengandung banyak vitamin magnesium, potasium dan beberapa kandungan nutrisi lainnya. Lebih lengkapnya bisa baca di link https://babyologist.com/blog/manfaat-buah-naga-untuk-bayi-6-bulan-n2798. Pada link tersebut anda bisa mengetahui kelebihan mengkonsumsi buah naga untuk bayi.

Buah-buahan sangat penting untuk bayi karena variasi makanan juga penting diberikan untuk memenuhi asupan serat bayi. selain memperlancar metabolisme tubuh, buah naga juga membuat bayi tertarik untuk makan buah. Warnanya yang merah membuat bayi cepat tertarik. Umur 6 bulan bayi sudah menunjukkan aktifnya untuk melakukan banyak hal maka dari itu asupan penunjang aktivitasnya juga harus memadai.

Ciri-ciri buah naga yang aman dan cara memilihnya

Buah-buahan adalah makanan yang sangat bermanfaat untuk manusia, namun buah-buahan juga bisa saja menjadi racun untuk yang memakannya. Kapan buah-buahan menjadi racun ? buah-buahan akan menjadi racun disebabkan oleh berbagai hal :

  1. Mengandung bahan kimia

Buah-buahan yang mengandung bahan kimia biasanya berasal dari pestisida yang digunakan oleh petani buah. Pestisida yang digunakan adalah pestisida kimia yang tidak bisa hanya dengan dicuci saja. Bahan tersebut menyerap kedalam kulit buah-buahan yang anda akan makan. Namun untuk buah naga memang jarang sekali menggunakan pestisida, karena pestisida hanya diberikan untuk buah-buahan yang sangat disenangi oleh hama. Buah naga bisa saja mengandung bahan kimia berbahaya jika pupuk yang digunakan adalah pupuk kimia. Buah naga yang diberikan pupuk kimia tidak bisa langsung dimakan, anda sebaiknya menunggu seminggu sampai 2 minggu untuk dapat mengkonsumsinya. Maka dari itu buah naga untuk bayi yang aman adalah buah naga yang tidak mengandung bahan kimia.

  1. Terkontaminasi bakteri

Buah-buahan kerapkali juga terkontaminasi dengan bakteri dengan berbagai penyebabnya. Ciri-ciri buah-buahan yang terkontaminasi dengan bakteri jahat adalah warnanya yang berubah isi maupun kulitnya. Buah naga yang terkontaminasi dengan bakteri jahat bisa dilihat dari bau buah isi dalam buah dan teksturnya yang sudah tidak segar atau mengalami pembusukan. Buah naga dapat bertahan atau aman dikonsumsi sampai satu minggu setelah dipetik. Lebih dari itu sebaiknya anda tidak mengkonsumsinya apalagi jika anda sudah mengupasnya karena dapat terkontaminasi dengan bakteri jahat. Kandungan buah naga yang kaya akan nutrisi jika sudah terkontaminasi dengan bakteri jahat sangat berbahaya untuk kesehatan.

Selain dua hal tersebut, buah naga untuk bayi sebaiknya tidak dicampur dengan bahan-bahan yang berbahaya seperti soda atau cuka. Kedua bahan makanan ini adalah bahan makanan yang tidak baik untuk kesehatan bayi. misalkan anda berinisiatif untuk membuat kreasi makanan dengan tambahan bahan kedua bahan tersebut sebaiknya jangan anda lakukan. Kedua bahan tersebut tidak baik untuk usus bayi, oleh karena usus bayi masih rentan belum memiliki daya tahan yang kuat. Jika anda ingin membuat kreasi makanan pendamping ASI dari buah naga maka gunakanlah bahan-bahan campuran yang aman untuk kesehatan bayi.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *