Sekilas Tentang Penyakit Azoospermia Pada Pria

Sekilas Tentang Penyakit Azoospermia Pada Pria 1

Azoozpermia merupakan kondisi saat jumlah sperma dalam air mani sangat sedikit atau tidak ada sama sekali. Tentunya hal ini bisa menjadi masalah sendiri bagi pria. Kondisi ini dialami oleh 1% pada jumlah pria di dunia dan sekitar 15% pada pria tidak subur. Jika selama ini anda tidak hamul, padahal anda subur. Mungkin penyebabnya ada pada suami anda. Untuk lebih jelasnya, kita akan membahas lengkap penyakit ini,

 

Jenis-Jenis Azoospermia

Penyakit ini dibagi beberapa jenis berdasarkan penyebabnya yaitu :

     Azoospermia Pretesticuler

Kondisi di mana pria mengalami gangguan hormon dan mempengaruhi produksi spermanya. Hal ini bisa disebabkan oleh kallman sindrom atau kelainan genetik bawaan kromosom X. pada penderota ini kadar hormonganodotropin rendah dan indra penciuman menurun. Bisa juga dikarenakan gangguan hipotalamus akibat obat tertentu atau paparan radiaso. Serta konsumsi rokok, alkohol dan narkotika.

     Azoospermia Testiculer

Kondisi ini dialami oleh pria yang mengalami kerusakan fungsi dan struktur testi. Ada banyak penyebabnya antara lain infeksi saluran reproduksi, orchitis, cedra, anorchia, kriptokismus.riwayat penyakit tertentu dan lainnya. Oleh karena itu harus dilakukan pemeriksaan menyeluruh supaya diketahui penyebabnya.

     Post testicular azoospermia

Jenis penyakit ini kondisinya lebih parah, karena sperma yang dihasilkan dalam testis tidak bisa dikeluarkan oleh penis. Ada beberapa hal yang menyebabkan hal ini. Seperti vasektomi atau proses pemotongan vas deferens, ejakulasi retograde dan azoospermia abstruktif )tabung sperma mengalami penyumbatan). Dibandingkan dengan lainnya kondisi ini memang paling sulit diatasi.

 

Cara Mengatasi Azoospermia

Jika anda mengalami azoospermia, jangan langsung khawatir. Pria yang mengalami hal ini masih bisa memiliki momongan, ada beberapa pengobatan yang bisa dilakukan antara lain:

     Jika disebabkan oleh penyumbatan saluran, anda harus melakukan operasi. Semakin cepat penyumbatan diatasi, akan semakin besar kemungkinan sembuhnya. Anda pun bisa mengeluarkan sperma dengan mudah lewat testis.

     Cara yang kedua dengan menggunakan bayi tabung. Sperma anda akan diambil kemudian dilakukan festilasi di luar, sehingga bisa terjadi kehamilan.

 

Makanan Untuk Membuat Sperma Sehat

Penurunan kualitas sperma bisa juga disebabkan oleh gaya hidup, seperti konsumsi rokok, alkohol, narkoba dan lainnya. Untuk membuat sperma sehat, anda harus mengkonsumsi makanan yang tepat. Tidak hanya ibu yang harus menjaga kesuburannya. Namun pria juga harus menjaga kesuburan spermanya. Berikut ini beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi untuk membuat sperma sehat

     Bayam : bayam mengadung asam float tinggi yang baik untuk menjaga produksi dan kualitas sperma.

     Telur mengandung protein dan vitamin E tinggi. Yang bisa melindungi sperma dari bahaya radikan bebas. Selain itu kandungan di dalam telur bisa membantu pergerakan sperma semakin baik dan lincah.

     Pisang mengandung enzim bromelin, yang memiliki sifat antiradang. Senyawa ini bisa meningkatkan jumlah sperma dan pergerakannya. Kandungan vitamin B1, A dam C membantu testis menghasilkan sperma yang lebih banyak.

     Semangka berfungsi sebagai antioksidan. Kandungan zat likopen membantu menangkal bahaya radikan bebas yang bisa mengganggu kesehatan sperma. Selain itu bisa membantu meningkatkan produksi jumlah sperma hingga 38%.

     Bawang putih mengandung selenium dan vitamin B yang bisa memperlancar aliran darah ke tubuh, sehingga membuat tubuh semakin sehat dan bisa menghasilkan sperma yang sehat.

Ada banyak cara untuk menjaga kulitas sperma. Jika sebelumnya anda belum menderita penyakit azoospermia. Lebih baik untuk menjaga kesehatan sperma dengan baik. Terapkan pola hidup sehat dan hindari cidera. Keterangan lebih lanjut cek artikel https://babyologist.com/blog/faktor-penyebab-azoospermia-n7945

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *